BUAH TARAP

Tarap



POHON TARAP
Nama buah ini sangat unik sesuai dg bentuk dan rasanya,buah ini pertama kali saya kenal sewaktu bekerja sbg TKI di BRUNEI DARUSSALAM, sebuah negara yg menjadi dambaan para TKI karena nilai mata uangnya yg sangat tinggi.
waktu itu saya baru pertama kalinya menginjakan kaki di negri minyak yang konon di pimpin oleh seorang raja yang diberi gelar Yang dipertuan agung Sultan Hassanal Bolkiah atau yang biasa di sebut Raja Bolkiah. Sebelum gue cerita soal buah TARAP gue mau cerita dulu soal susah payahnya gue bisa nyasar ke BRUNEI.

Awalnya gue nekat karena kepepet kebutuhan, eh,,,, bukan emas yg gue dapet tapi malah buah TARAP, hehehe,,,, kidding. Tahun 2004 kala itu gue bareng 2 temen yg berasal dari daerah lain yaitu MISJAYA asal Bogor dan DEDE asal Sumedang. Sebelum menjadi buruh dinegri orang gue menjalani serangkaian proses yang cukup ngejlimet,,met,,,meeeeeet,,,, mulai dari ngurus passpor sampai di suruh menunggu di penampungan kumuh yang tidak memenuhi standard layak, kala itu berlokasi di sebuah desa  bernama ENTIKONG di propinsi Kalimantan Barat, gue bilang kurang layak karena dari segi kesehatan menurut gue sangat jauh, belum lagi tempat kami tidur cuma beralas tiker diatas lantai tanah, sebenernya rumah itu adalah milik warga yang disewa oleh sponsor, tambah mengenaskan lagi kami harus menggunakan air keruh dari sungai untuk keperluan sehari-hari mulai dari mandi,cuci,kakus.... Hffffff,,,,, Saat kami mandi, diatasnya pasti ada orang lain yang sedang ritual juga, ada yg buang hajat, ada yg lagi mancing dll.....seru siiiih tapi ngeselin jugak.....bayar mahal2 tapi tidak ada fasilitas yang memadai (upss,,,,hotel kaleeee).
 ISI BUAH TARAP

Setelah dua minggu tiba waktunya kami diberangkatkan ke Brunei,,, Dag,,,Dig,,,Duugg,,,!!! Menggunakan Bus yang cukup lumayan keren kami berangkat. Dalam hati gue bertanya-tanya sebenernya kayak apa sih negara itu, sama seperti indonesia apa beda yah,,,,ternyata gue baru tau kalo perbatasan kalimantan itu tidak langsung ke Brunei melainkan melewati Malaysia dulu yang kalo ndak salah namanya Serawak,,,, lucunya lagi setengah perjalanan Bus kami dicegat oleh petugas kepolisian malaysia yang saat itu bertugas mengecek setiap pengunjung yang memasuki wilayah malaysia, lucunya begini,,,,,,para petugas itu masuk ke dalam bus sambil menginstruksikan kepaada semua penumpang untuk menunjukan IC nya (baca: a i s i ),,,,,, what,,,,,,? IC,,,,,? apaaa an Tuuuuuuuuuuuuuuuh,,,,,,,,,,,,,,,,,, bingung deh,,,,(disuruh nunjukin identity card atau kartu identitas) begitu kira2 yg dimaksud para petugas kepolisian, maaf ye kalo tebakan gue salah untung gw pernah jadi TKI di malaysia jadi gak keder2 amat, lain sama temen2 gue,,,,mereka ada yg ketakutan malah ada yg sok tau, pake ngeluarin KTP Indonesia,,,,wkwkwkwk. Jelas gak berlaku begok,,,,,!!! Ahirnya gue keluarin passpor dan diikuti oleh dua temen gue yg kayak kucing bego. Selameeeeeet,,,,,,,

Setibanya di Brunei gue gak langsung di tempatkan ditempat kerja, tapi dititip dirumah orang yang konon bertanggungjawab atas keberadaan kami selama disana, baru keesokan harinya kami diantar menggunakan mobil mewah kealamat yang dituju yaitu ketempat majikan kami,,,, dan,,,,,, Jreeeeeeeeeng,,,!!!!
Kami diantar kesebuah gubuk reyot yang berada di pinggiran jalan tol, gimana gak reyott,,,, posisinya aja miring,,,,,,,,, kumuh,,,,,,dan banyak bergelantungan baju kotor, cangkul, serta peralatan kebun lainya,,,,, (kebayang gak ,,?) Sontak gue drop banget, bayangan kemewahan akan negri orang seketika sirna sudah dari pikiran gue.

Gue di suruh bekerja dikebun sayur brooooo,,,,,,,hik hik,,,, sedih bgt gue, tp mau gimana lagi coba,,,? mau balik jauh,,, gak balik kayaknya bakalan mampus gue,,,, ahirnya dg sangat berat hati gue coba untuk menerima kenyataan. Tanpa memberi kabar kepada orang rumah, gue jalani pekerjaan ini pelan namun pasti gue berusaha untuk beradaptasi. Hari pertama gue pegang cangkul, disinilah gue diperkenalkan dengan buah TARAP sesuai judul postingan kali ini. Awalnya si Waskah (pekerja yang sudah lebih lama dari kami) mengajak gue ke kebun depan gubuk, disana ada sebuah pohon yg tinggi menjulang persis seperti pohon sukun, tapi bukan yang ini bukan sukun. nih gue kasih fotonya,,,, 

 

 BUAH TARAP

                                                   


ISI BUAH TARAP  



Nah sekarang udah gak penasaran lagi kan,,,,,


Rasa
Soal rasa dijamin mak nyoss...!! buah Tarap ini satu keluarga dengan buah cempedak yg sering kita jumpai pada saat musimnya tiba, hanya saja kalau cempedak lebih menyerupai Nangka Mini, kalau Tarap ini lebih menyerupai SUKUN , Rasa buah Tarap ini udah pasti manis dengan daging buah yang lunak dan biji buahnya kecil bulat sebesar kelereng,,,

Awalnya gue gak gitu suka sama buah ini, tapi lama kelamaan gue ketagihan  bro,,, bayangin aja hampir tiap pagi kalau lagi musimnya gue sarapan sama si Tarap, siangnya gue juga cuci mulutnya sama si Tarap, malemnya apalagi,,, hhhhhfff,,,,,, dan uniknya sangkin sudah kehabisan cara, gue bareng konco-konco kerja coba iseng-iseng inovasi metode makan Tarap dg cara yang berbeda yaitu dibikin BALA_BALA.
Kalian tahu kan apa itu Bala-bala.....? Kalau ndak tau searching dulu di google deh...! Tapi intinya gue gak kalah cerdik sama orang2 sono (Brunei) gue langsung beli tepung terigu, sama minyak goreng dan sedikit penyedap rasa, adon semua tepung dan celupkan buah Tarap yang sudah dikupas lalu ambil dg sendok lalu goreng,,,,
Jreeeeeeeeng ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Taraaaaaaaa..................p





SEKIAN





Komentar

Postingan Populer